Monday, May 26, 2008

My Quiet Time at 18th May 2008

My Quiet Time at 18th May 2008
Anything About Death
Segala Sesuatu Tentang Kematian


Wake up in the morning.. I was in Bandung. Udaranya sejuk. Orang2 di sini ngga pernah pake AC di rumah, ngga kayak di Jakarta.

As my promise, I want to share my QT. This day, I m at Antykke’s house
My QT is in Kis 5. Ini kisah Ananias dan Safira yang terkenal itu.

Ananias jual tanah, tapi uang penjualannya ditahan sebagian, sebagian disumbangkan, sebagian disimpan untuk diri sendiri. Apa yang salah?
Begini kata Petrus:

5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

Insight yang aku dapat adalah: Kita ngga pernah dilarang gak boleh gini, gak boleh gitu oleh pembimbing kita. Tapi ada baiknya kita menanyakan nasihat terlebih dahulu.

Saya ngebayangin andaikan Ananias menanyakan nasihat kepada Petrus demikian: “Pak Petrus, bolehkah saya menahan sebagian dr hasil tanah ini?” mgkn Petrus jawab: (seperti lazimnya para pemimpin menjawab) “Apa tujuan kamu menahannya, hai anakku?”

Apa motivasi hati Ananias? Apakah ia tulus mau memberi atau hanya utk terlihat bagus di depan orang? Mungkin kemudian ketahuan bahwa Ananias sedang tidak bagus hatinya, saat itulah ia dibimbing.. dan ia ngga akan mati.

Kalau dari saya pribadi, memang saya sangat lemah dalam hal ini, saya selalu malu dan sungkan untuk menanyakan nasihat. Ahh.. kalau Tanya, nanti ngga boleh.. gituu.. Tapi, kamu mau mengikuti keinginan siapa? Keinginan Tuhan atau diri sendiri? Karena saya sadar, hidup sebagai murid itu harus semakin bertumbuh, juga dalam hikmat. Dan tahu ngga, dengan menanyakan nasihat, kita bisa belajar apa pandangan pembimbing kita, bahkan kita bisa ketularan jd ikut berhikmat. Ditambah kita bisa jadi dekat dgn pembimbing kita.

Lalu dari sisi Safira sebagai istri.. sudah tahu suaminya salah, tapi malah didukung? Apa peranan istri? Sebagai penolong. Di sini saya belajar untuk jangan mendukung yang salah. Coba kalau Safira menegur suaminya dan at least bilang gini: “Suamiku, jangan berbuat begitu, ada baiknya kita Tanya nasihat Bapak Petrus dahulu.” Pastilah ia ngga ikutan mati.

Lihat di ayat ini
5:7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi.
5:8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian."
5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

Apakah yang kita sepakati? Mencobai Roh Tuhan? Atau sepakat utk hidup benar?

5:11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.

Saya merasa takut juga waktu baca ini.. Ini bukan kesalahan yang besar.. mereka terlihat sepertinya tidak lakukan apa2 yang salah, tapi kenapa Petrus ngga suka? Kenapa Tuhan ngga suka?

Saya pikir.. itu karena Tuhan melihat hati.

Percuma semangat yang kelihatan dari luar.. karena Tuhan ngga lihat itu, Tuhan melihat jauh lebih dalam. Dia tahu kita tulus atau tidak.

Ironisnya, ngga lama setelah itu, para rasul langsung menginjil lagi, bahkan membangkitkan orang mati... Lho yang hidup dibuat mati? Padahal yang mati dibuat hidup? Tuhan bekerja dan pekerjaannya tidak dapat kita duga. Saya yakin banget Dia bekerja lewat rasul-rasulnya. Seperti saat ini, Dia bekerja lewat pelayan-pelayan di gereja. Ada yang murtad, ada juga yang dibaptis.

5:12. Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat.
5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak.
5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan,
5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.
5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.

Trus..Saya menemukan ada 2 hal bertentangan dalam pasal 5 dengan pasal 7 (kisah martir pertama kita-Stefanus)

7:59 Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku."
7:60 Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!" Dan dengan perkataan itu meninggallah ia.

Stefanus melakukan hal yg sangat berbeda dgn Ananias & Safira. Stefanus mati untuk Tuhan. Bukan mati karena dosa. Terlebih lagi, dia mendoakan orang2 yang membunuh dia.

Ada lagi...

5:17. Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati.
5:18 Mereka menangkap rasul-rasul itu, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara kota.

Kenapa ya, Kedua murid ini langsung mati saat itu juga? Padahal mereka murid. Kenapa mereka ngga dikasih kesempatan untuk bertobat? Malahan orang farisi dan para imam yg jelas2 ingin membunuh para rasul dibiarkan hidup? Mereka yang udah jelas2 melakukan dosa dan jahat tapi ngga mati ya?

Yang saya sadari, karena saya murid Yesus, maka saya di-expect lebih drpd org lainnya. Tuhan mau hidup kita lebih benar drpd mereka dan Tuhan baik. Dia membiarkan org farisi begitu krn mereka tidak tahu apa yg mereka perbuat dan suatu hr nanti mereka akan berubah, contohnya Saulus yg ikut membunuh Stefanus.

Sekian sharing dari saya. Masih banyak kekurangan. Kalau ada yang salah, mohon dimaafkan. Hanya ingin membagikan saja, ngga terasa ada 3 halaman. Semoga terbantu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home